PSBB Jilid 2 yang di sepakati oleh Gubernur, Bupati, DPRD dll, semua ini dilakukan demi memutuskan rantai Covid 19, dengan harapan masyarakat akan paham dengan kebijakan pemerintah. Di sisi lain, rantai OTP (Orang Tidak Pambadengar) tidak terputus, apakah sikap mereka ini semata-mata untuk melawan aturan pemerintah?? Atau mereka menganggap covid 19 adalah suatu penyakit yang biasa. Lalu siapa saja yang termasuk pada OTP? Tentu semua lapisan manusia. Pihak pemerintah menghimbau agar kita tetap dirumah ajah dan jaga jarak. Tetapi Polisi, tentara, dan para pejabat lainnya berkeliaran diluar, masyarakat memandang perilaku ini adalah contoh yang patut di ikuti, Sehingga masyarakat keluar rumah, berkumpul-kumpul di berbagai tempat dan Penderita Covid 19 bertambah. Selain menjadi contoh yang patut di ikuti, Sikap tersebut juga di pandang sebagai sebuah pengorbanan yang dilakukan demi daerah tercinta. 
Janganlah berdebat tentang orang yang patuh atau tidak, jangan pula meninggi-ninggikan sifat egoisme.
Hari terus berjalan bagaikan aroma kopi yang masuk dalam hidung sampai ke paru-paru. Hoax dimana-mana, hasil keputusan pemerintah dianggap cukup menyiksa masyarakat, sedangkan pemerintah menganggap itu adalah kebijakan yang baik. Masyarakat antara masyarakat saling bertolak belakang, pemerintah dan masyarakat pun saling bertolak belakang. 

Masyarakat yang bosan hidup dirumah, gaji tak kunjung datang, kerja yang tidak efektif, dan ekonomi terkikis dengan kebutuhan sehari-hari, mereka yang tidak berpenghasilan tetap bingung mencari kerja di mana. Ungkapan-ungkapan demikian banyak di lemparkan masyarakat di Media Sosial dll. Untungnya Berbagai Organisasi/Komunitas memiliki sifat kemanusiaan, melalui donasi yang di kumpulkan, beban masyarakat antara terasa ringan dan bertambah menderita (Hanya Allah yang tahu). 
Mari kita sama-sama patuhi pemerintah, Allah tidak butuh pengakuan dari kalian dengan ucapan "kami tidak takut corona, tapi kami lebih takut Allah". Apakah ungakapan itu butuh pengakuan dari orang lain, bahwa Tauhid kita yang lebih tinggi, Atau kalimat itu keluar di alam bahwa sadar manusia.
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dimanapun kita berada. 

Wallahul Muaffig ilaa aqwamit thariq. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh 


Penulis : Rodney Neu (Kader PMII FOK)
Penyunting : Ikhsan Malihat (Jurnalistik PMII UNG)